Pergeseran Kurva Penawaran (Tugas 1)

Kurva Penawaran (Supply Curve)
Dalam hal ini mari kita ambil satu contoh misalkan baju.  Kurva penawaran menunjukkan seberapa banyak produsen baju atau pakaian menawarkan barang dagangannya dalam suatu harga tertentu. Faktor-faktor selain harga yang mempengaruhi keputusan produsen untuk menjual seberapa banyak barang dianggap tetap.  Hubungan ini dapat berubah seiring dengan waktu, yang direpresentasikan oleh pergeseran dari kurva penawaran. Misalkan harga kapas  jatuh. Karena kapas adalah bahan baku dari baju, maka kejatuhan harga kapas membuat penjualan baju menjadi lebih menguntungkan. Ini meningkatkan penawaran pakaian: Pada suatu harga yang terjadi, penjual kini lebih ingin memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga, kurva penawaran bergeser
Berikut dibawah ini merupakan perihal yang mempengaruhi pergeseran kurva penawaran tersebut antara lain:
  •   Prices of Relevant Resources (Harga Sumber Daya yang Relevan)
Apabila terjadi penurunan biaya pada sumber daya untuk membuat baju, misalnya adalah kain, maka produsen akan memproduksi baju dengan kuantitas yang lebih banyak dan harga yang tetap.  Penjelasan ini terkait dengan kurva (a).
Apabila terjadi kenaikan biaya pada kain tersebut, maka produsen akan memproduksi baju tersebut dengan kuantitas yang lebih sedikit dan harga yang tetap. Penjelasan ini terkait dengan kurva (b).
  •   Technology (Penggunaan Teknologi)
Faktor teknologi akan memengaruhi output barang atau jasa yang akan dihasilkan produsen. Semakin tinggi teknologi, semakin cepat barang yang dihasilkan (dalam hal ini adalah baju), maka semakin besar pula penawaran baju yang terjadi, tetapi tetap dengan harga yang konstan. Penjelasan ini terkait dengan kurva (a).
Sebaliknya, apabila produsen tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, produsen akan memakan waktu yang lama untuk memproduksi baju, maka penawaran baju yang terjadi sedikit dengan harga yang konstan. Penjelasan ini terkait dengan kurva (b).
  •   Number of Sellers (Banyaknya Penjual)
Banyaknya penjual mempengaruhi penawaran yang terjadi di pasar. Semakin banyak penjual yang menjual baju, maka penawaran baju semakin banyak. Penjelasan ini terkait dengan kurva (a).
Sebaliknya, semakin sedikit penjual yang menjual baju, maka penawaran baju berkurang. Penjelasan ini terkait dengan kurva (b).
  •   Expectation of Future Prices (Perkiraan Harga di Masa Depan)
Perkiraan harga di masa depan mempengaruhi penawaran yang terjadi di pasar. Apabila diperkirakan harga baju di masa depan turun, maka produsen akan lebih banyak menawarkan barang dagangannya saat ini. Penjelasan ini terkait dengan kurva (a).
Apabila diperkirakan harga baju di masa depan naik, maka produsen akan mengurangi penawaran saat ini sehingga produsen dapat menawarkan barang dagangannya lebih bayak di masa depan. Penjelasan ini terkait dengan kurva (b).
  •   Taxes and Subsidies (Pajak dan Subsidi)
Pajak dan subsidi sangat berpengaruh pada penawaran yang terjadi di pasar. Semakin tinggi pajak yang dibayarkan oleh produsen, maka produsen akan mengurangi jumlah penawaran baju di pasar. Penjelasan ini terkait dengan kurva (b).
Apabila produsen menerima subsidi dari pemerintah, maka produsen akan menambah jumlah penawaran baju di pasar. Penjelasan ini terkait dengan kurva (a).
  •   Government Restrictions (Pembatasan Pemerintah)
Apabila pemerintah membuat kebijakan untuk meningkatkan  jumlah produksi baju yang diproduksi produsen, maka produsen akan menaikkan kuantitas baju dan otomatis meningkatkan penawaran yang terjadi di pasar. ini terkait dengan kurva (a).

Apabila pemerintah membuat kebijakan untuk menurunkan jumlah produksi baju yang diproksi produsen, maka produsen akan menurunkan kuantitas baju dan otomatis akan menurunkan penawaran yang terjadi di pasar. ini terkait dengan kurva (b).

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Penawaran

http://courseware.politekniktelkom.ac.id/BUKU_MI/Semester%201/CA122%20Pengantar%20Ilmu%20Ekonomi/CA122%20Pengantar%20Ilmu%20Ekonomi.doc

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s